Taa & Titi

“Taa & Titi” adalah serial komik bikinanku di 1cak. Serial yang menceritakan pertemanan antara cewek berkacamata bernama Taa, dan temannya yang rambutnya kuncir 2 bernama Titi.

image

image

Rasanya kayak kembali ke masa SD. Waktu aku kelas 3, aku mimpi aku sama temenku lagi di pinggir kolam, padahal itu telaga. Temenku pengen renang ke situ, trus tiba-tiba dia kelelep! Aku mau nolong, eh, malah ikutan kelelep! (Mimpi macam apa ini -_- )

Bangun. Aku jadi pengen bikin komik dari mimpi itu, tapi aku masih bingung tokohnya dinamain siapa. Yang jelas, bukan nama asliku ato temenku… aku mau coba bikin nama tokoh sendiri. Setelah bertapa di gunung merapi setahun merenungi hidup sekian lama, aku punya ide buat nama mereka. Aku kasih nama Taa sebagai aku, dan Titi sebagai temenku. Kenapa Taa dan Titi? Karena nama mereka itu mirip-mirip gitu sama namaku sama nama temenku, namaku kan ada unsur “ta”-nya, jadi aku namain gitu aja. Kalo nama temenku itu Titha, yah mirip-miriplah sama “Titi”. Aku kehabisan ide waktu itu, tapi yah mungkin sudah takdir kalo nama mereka begitu.

Waktu itu aku masih bikin serial “Pussy dan Katty”, aku bikin ceritanya Pussy, Katty, dan Mitty (adik Katty) ngidol JKT48 tokoh sinetron action (?), namanya Taa dan Titi. Taa dan Titi diagambarkan sebagai pahlawan di serial TV itu. Suatu malam, mereka bertiga mimpi kalo Taa dan Titi mengalami hal yang ada di mimpiku (ngerti kan maksudnya?). Absurd abis. Cerita macam apa ini.

Aku mikir kalo Taa dan Titi kudu ada judul serialnya sendiri. Waktu SD, aku bingung serial komik itu -yah, bikinnya cuma buat hiburan, gak sampe diterbitin lah- dijudulin apa, aku jadi keinget sama komiknya “Pussy dan Katty”. Kalo gak salah judulnya tuh sinetron action… “Pahlawan Komik”! Aku sendiri bingung kenapa pas itu aku ngasih judul kayak gitu. Bener-bener kehabisan ide. Yah, tokohnya gak cuma Taa sama Titi, ada juga Fifi, Fira, sama Ifah. Mungkin, kapan-kapan aku bakal lebih sering memunculkan mereka bertiga di 1cak.

Temanku, Evy, cukup membantuku tentang karakter masing-masing tokoh. Dia juga bantu aku bikin cerita yang bakal kukomikin. Aku berharap suatu hari dia melihat post ini. :v

Waktu kelas 4, aku udah bosen nggambar komik melulu, jadi aku mulai banting selir setir ke nulis cerpen. Aku bikin cerpen tentang mereka berlima, gitu. Nulisnya di buku tulis. Kalo soal ilustrasi sih aku nggambar sendiri, kadang digambarin temenku, Dea sama Titha. Cerita juga, kadang-kadang mereka ikutan nulis. Dan kesukaanku nulis cerpen ini berlangsung sampe lulus SD.

Awal kelas 7, aku jadi makin aktif nggambar-nggambar Pahlawan Komik. Tapi lama-lama males juga, jadi kelas 8 aku mulai jarang nggambar mereka. Kelas 9, waktu aku jadi 1caker (baca: wancaker), aku jadi pengen nostalgia. Jadi, aku bikin komik dengan tokoh Taa dan Titi. Jadi, aku bikin komik di buku gambarku, lalu… yah, aku jepret-jepret pake hape lalu kupindah ke komputer. Tanpa pikir panjang, beberapa hari kemudian aku posting post pertamaku. Tapi itulah masalahnya. Gambar kurang jelas kalo difoto pake hape. Makanya fun dikit.

image

Langkah pertama yang gagal. Aku mau coba buat remake, aku gambar mereka pake PicsArt, lalu, yeah! Alhamdulillah, dapat sambutan positif dari wancaker! πŸ™‚ Jadi aku makin semangat membuat komik tentang mereka, walau aku udah jarang posting di 1cak lagi.

image

Aku senang para wancaker suka tokoh bikinanku waktu SD. πŸ™‚

image

Hmm, sedikit tentang Titi. Desain karakternya banyak perubahan di bagian rambutnya, dan aku pikir inilah yang paling tepat.

image

Oh, ya. Aku merasa kalau Taa dan Titi bisa “hidup”, “punya perasaan”, dan kadang-kadang “pengen bicara lewat blog ini”. Jadi, supaya lebih jelas, aku menandai Taa dengan teks warna COKLAT, sedangkan Titi warna ORANYE. Aku ingin membuat serial mereka (bentuk cerpen atau obrolan) diposting di blog ini. Tentunya bakal ada yang beda daripada yang dipost di 1cak…

8 thoughts on “Taa & Titi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s