Misteri Tukang Mokkori

Entah apa yang dipikirkan Ryo di adegan ini TAPI AKU SUKA

Saeba Ryo adalah tokoh yang misterius.

Itulah yang kupikirkan tentang komik City Hunter. Misterius di sini bukan seperti tokoh heroine berambut putih bersifat penyendiri yang memasang wajah stoic dan hanya berkata sepatah-dua kata ke protagonis, melainkan misterius dalam isi hatinya. Sepanjang cerita ini berjalan, isi hati Saeba Ryo jarang ditunjukkan dengan jelas, sehingga pembaca hanya bisa bergantung pada 2 hal untuk menyimpulkan isi hati Ryo:

  1. Perilaku, ekspresi, dan ucapannya sendiri (akurasi: 80%)
    • Kelebihan: biasanya perilaku, ekspresi, dan ucapannya sejalan dengan isi hatinya (MUNGKIN LHO YA).
    • Kelemahan: Ryo pintar berpura-pura di depan tokoh lain (dan pembaca) sehingga pembaca sendiri agak kurang yakin, misalnya, “Apa dia benar-benar tidak tahu, atau pura-pura tidak tahu?”
  1. Sudut pandang orang lain (akurasi: 50%)
    • Kelebihan: kalau orang-orang terdekatnya (Kaori, Umibozu, dll.) yang menilai Ryo, mungkin bisa jadi seharusnya semoga bisa jadi tepat. Tidak jarang, orang yang “jauh” seperti klien pun mungkin bisa jadi seharusnya semoga bisa jadi tepat walaupun Ryo menyangkal dengan memasang tampang bodoh.
    • Kelemahan: Ryo pintar berpura-pura di depan tokoh lain (dan pembaca) sehingga terjadi salah paham antartokoh sampai Ryo sendiri yang konfirmasi.

Selama membaca City Hunter, aku berpikir-pikir alasan Ryo begini dan begitu. 

Cinderella di Kota. Salah satu chapter favorit pembaca~

Misalnya, di chapter yang mana Kaori menyamar dan kencan sama Ryo. Sepanjang chapter itu, isinya adalah isi hatinya Kaori SAJA. Kaori menganggap Ryo tidak tahu kalau cewek yang kencan sama Ryo sekarang ini adalah Kaori. Tapi, Umibozu menganggap Ryo si tukang gaet cewek itu tahu bahwa cewek itu Kaori, hanya saja Ryo pura-pura tidak tahu. Jadi yang mana yang benar? Kemungkinan besarnya adalah Ryo tahu, tapi cuma pura-pura tidak tahu. Masalahnya, Ryo juga memasang wajah kebingungan di depan Kaori (dan pembaca) sehingga pembaca disuruh mikir kesimpulannya sendiri. Kalaupun misalnya Ryo benar-benar cuma berpura-pura tidak tahu, kita pun akan menambah satu lagi pertanyaan: “Mengapa Ryo berpura-pura?” Cuma Ryo dan Hojo Tsukasa dan Tuhan yang tahu.

Saeba Ryo memang tokoh yang misterius. Kita nggak pernah tahu apa yang benar-benar dipikirkan Ryo bahkan sampai akhir chapter. Yah, kecuali kalau dia mau ber-mokkori ria, sih.

4 thoughts on “Misteri Tukang Mokkori

  1. Pingback: Ryo dan Kaori Adalah Pelopor!? | Guci's Mind

  2. Pingback: Menyikapi Ending Manga City Hunter | Guci's Mind

  3. Pingback: [KESAN] City Hunter [Manga] | Guci's Mind

  4. Pingback: Tentu Saja Aku Balik Baca City Hunter Rebirth Lagi [RANT] | Guci's Mind

Leave a comment