[Kesan] Get Lost Article (Doujin Game)

 

Mengingat diriku yang kembali ke fandom Vocaloid, mengincar doujin sampai mulai meninggalkan hobi main VN-ku, bagaimana kalau aku main VN doujin Vocaloid sekalian?

Get Lost Article, aku bingung maksud judulnya… mungkin “Article Get Lost”? “The Lost Article”? “The Article which is Get Lost”? Inti dari judul itu “artikel yang hilang”, kan? Tapi bukan “artikel” koran atau majalah begitu, sih. Membingungkan sekali judul ini… ah sudahlah, langsung ke intinya saja!

Summary

KAITO adalah software VOCALOID yang tinggal di dalam sebuah PC. Dalam PC itu, tinggal bersama MEIKO, Hatsune Miku, Kagamine Rin, Kagamine Len, Megurine Luka, dan Gackpoid (Gakupo).

Suatu hari, amplop yang sering dibawa Kaito hilang. Kaito panik, karena di amplop itu ada “barang penting”. Tentu saja barang itu ada hubungannya dengan Meiko, pujaan hatinya. Mampukah Kaito menemukan amplop itu?

PERHATIAN!
POST INI MENGANDUNG SPOILER YANG TIDAK DAPAT DIHINDARI!
(Halah, gak papa! Lanjut baca aja, VN ini sederhana banget kok pfft)

Story (SPOILER)

Cukup banyak pilihan di VN ini, dan tentunya banyak juga bad ending-nya! Tapi tenang saja, bad ending-nya gak separah bad end Makina di Grisaia no Kajitsu, kok! Aku malah ketawa di beberapa bad end… abisnya, ada adegan ketika Kaito dapat amplopnya, dia ditanya Meiko apa isi amplop itu? Kaito malah gelagapan. Karena Kaito kelihatan menyembunyikan sesuatu, akhirnya dia dihajar Meiko TAPI SEMPAT-SEMPATNYA KAITO BERPIKIRAN ANEH-ANEH WAKTU DIHAJAR!? 😰 Tamat.

Bad end berikutnya? Kaito menurut main bersama Rin, jadinya dia kekurangan waktu untuk mencari amplop itu (ya, ada waktu sekitar 3 jam untuk Kaito bongkar-bongkar ruangan sebelum Master pulang). Akhirnya Meiko tahu duluan isi amplop itu, terus dia ngamok. Tamat.

Awalnya kukira itu surat cinta, sih. Eh? Kalau itu surat cinta, kenapa di bad end sebelumnya Kaito malah menyembunyikannya dari Meiko? Kenapa Meiko ngamok setelah tahu isinya? Setelah mencoba beberapa opsi, akhirnya aku dapat ending Kaito bisa dapat amplop itu tanpa ketahuan! Kemudian Kaito membukanya… ternyata isinya… foto-foto Meiko yang ehem… 😅 Pantesan dia sembunyiin dari Meiko… WAIT WAT!? Jadi, inti dari VN ini adalah gimana caranya Kaito bisa mendapatkan foto-foto pribadi Meiko kembali dengan selamat!? 😂

Walopun itu memang “True End”, aku masih belum puas karena masih ada scene dan CG yang belum aku dapatkan! Aku bahkan belum ketemu Gakupo, Gumi, Sonika, dan Miriam! Mungkin aku bakal main lagi kalau ada waktu luang OH IYA, SEKARANG AKU KAN MASIH PENGANGGURAN!?

Lucunya, Kaito bisa menemukan amplopnya itu di ruang mana saja, tergantung pilihan dan waktunya…

Characters

Sebenernya gak begitu spesifik, sih, tapi okelah, aku tulis yang aku ingat saja…

Kaito si protagonis, tentu! Walaupun protagonis, mukanya ada di pojok kanan bawah. Dia memang rada lebay (?) soal Meiko, tapi entah kenapa waktu aku milih ruangan yang ada Meiko-nya, Kaito gak begitu lebay, jadi yah… sekadar menanggapi dengan, “Oh, Meiko di sini rupanya…” ketimbang “WADUH ALAMAKJANG MEIKO DI SINI GIMANA KALO DIA BUKA AMPLOPNYA!?”. Intinya dia cukup kece (?) di depan Meiko, tapi kalau ada salah langkah dikit, dia bisa kacau seperti di bad end yang tadi aku bilang. Yah, intinya JANGAN SAMPAI KAITO MENEMUKAN AMPLOPNYA DI DEPAN TEMANNYA!

Meiko, yah… lumayan sih. Dia baik, tapi kasar? Oh, aku gak nyangka ada scene Meiko dengar suara demo-nya sendiri. Miku anak yang baik, ingin sekali kuelus-elus… Rin cewek energik, kebalikan dari Len yang cenderung cool. Luka… hmm… sepertinya dia juga punya ketertarikan khusus ke Meiko…

Art

Game ini punya 2 ilustrator (たゆ dan ようね), tapi style-nya gak beda jauh. Waktu aku lihat di official site-nya, aku kaget lihat Gakupo yang bulu matanya lentik…

Kurang dari CG yang biasa ada di VN, lebih dari fanart biasa di pixiv. Satu CG cuma satu ekspresi. Bagian CG juga cukup singkat, sih.

Music

Hmm kebanyakan BGM bukan tipe telingaku. BGM di title kesannya seperti ini game misteri… -_-

System

Hmm cukup sederhana… ini game doujin tahun 2009, jadi mau gimana lagi? Mau seperti NekoPara, gitu?

TAPI SERIUSAN AKU CUMA BISA SAVE WAKTU ADA CHOICE DOANG!? Oh ini game singkat sih, jadi gapapa deh.

Disarankan untuk tidak membaca backlog… menurutku terlalu berantakan? Selain itu tulisan di backlog gak bisa di-hook, sih…

Yep, aku belum tuntasin CG… sayang sekali…

So…

Ini free game (YES! GAK PERLU MERASA BERSALAH MEMBAJAK DOUJIN!) yang gak sampai 40 Mb, jadi tidak usah berharap banyak dengan VN ini kecuali kalau suka KaiMei (lebih tepatnya Kai -> Mei), “BaKaito”, dan art-nya yang hmm lumayan bagus (aku tahu VN ini dari hasil stalking pixiv-nya ようね, yep). Selain itu, di VN ini gak ada adegan enaena. Ini lebih seperti R-15 karena YAAH ITU TUH FOTO BERHARGANYA KAITO!

Ini hampir mendekati ekspektasiku, sih. Aku cuma berharap ini seperti baca fanfic, dan yep ini seperti baca fanfic, cuma fanfic-nya kurang narasi…

Btw, ini game dirilis untuk merayakan ulang tahun Meiko ke-5 (2009)! Wah, lawas juga ya…

Leave a Reply

