[Unboxing & Kesan] Some “Not-so-random” Vocaloid Doujin

Awal Desember, aku sedang iseng mencari-cari komik doujin loak Vocaloid di Suruga-ya. Yaah, iseng aja sih. Kali aja ada buku yang bikin aku tertarik. Dan yep, yang terjadi wishlist-ku lumayan banyak, cuma aku filter sambil mikir, “Berapa duit yang bakal aku keluarkan?” dan “Kira-kira mana buku yang gak bikin emakku ngamok?” akhirnya dengan 2 pertimbangan itu, aku pilih 3 doujin. 2 yang doujinka-nya sama, 1 yang kolaborasi doujinka.

Sebulan kemudian, waktu aku pulang les, muncullah paketan ini.

dsc_0147

Aku langsung merayakannya dengan memasak mi ijo, oke ini gak penting-penting amat.

Dengan cutter jerapah kesayanganku, aku buka paketannya. Yep lumayan rapi lah walaupun itu cuma doujin.

dsc_0148

dsc_0149

dsc_0150

dsc_0151

Ah, komik doujin. Apa yang bisa kalian harapkan dari komik doujin? Gambar yang bagus? Cerita yang menarik? Mungkin boleh, tapi jangan terlalu berharap. Tapi hei, siapa sangka, ada komik doujin yang lebih baik daripada komik original… (aku lihat kau, komik Boruto… 😒)

dsc_0158

Buku doujin yang pertama kubaca adalah 解明エチュード (Kaimei Etude), digarap アギ (Agi) dan なじょ (Najo/Nazyo). Aku gak berharap banyak sama buku ini, karena gambar kovernya membuatku sedikit ilfeel (?) dengan style gambar yang terlalu beda, iya aku tau ini kolaborasi, jadi ya sudahlah aku gak terlalu memikirkannya. Yang membuatku tertarik sih cuma karena Kaito “Shigure” dan Meiko “Momiji”, module kesukaanku di Project Diva KARENA TSUGAI KOGARASHI LAGU ENTAPZ 10/10 WOULD RECOMMEND.

dsc_0161

Agi’s Side

dsc_0154

Najo’s Side

Tapi ternyata isinya lebih menarik dari yang aku duga. Buku ini dibagi jadi 2 cerita, Agi’s Side dan Najo’s Side. Walaupun begitu, intinya masih sama: “Bagaimana jika module Kaito dan Meiko di Project Diva (sebelum f) yang jumlahnya gak seberapa ada di dalam satu universe?”. Itu memang bukan ide yang baru, tapi setidaknya komik ini masih bisa dibaca. Aku suka banget sama gambarnya! Aneh sekali, gambar di dalamnya malah lebih bagus daripada kovernya. Kupikir mereka lebih bakat nggambar hitam-putih… 😅 ya, setidaknya ini gak kayak Tiap Detik yang kovernya lebih bagus daripada isinya ya kan ya kan ya kan?

dsc_0162

Aku merasa di sini ada “perselingkuhan module dimana Kaito “Classic” (Cantarella,
pasangan sama Miku “Noble”) sama Meiko “Scarlet” (Change Me)… 😅 bicara soal perselingkuhan, aku jadi ingat dulu pernah lihat doujin dimana Kaito “Shigure” sama Miku “Butterfly”… ini juga gak bener. -_- Nanti gak cuma Meiko “Momiji” yang ngamuk, Luka “Flower” juga ngamuk ntar. Intinya aku kurang setuju sama perselingkuhan module, siapapun yang pakai. Makanya, di komik ini, aku paling menikmati Kaito “Shigure” x Meiko “Momiji”. Mungkin karena rasa bias-ku terhadap Tsugai Kogarashi.

dsc_0160

Buku berikutnya, だいたいこいつのせい ~全ての元凶の元凶~ 前編 (Daitai Koitsu no Sei ~Subete no Gankyou no Gankyou~ Zenpen) dan だいたいこいつのせい ~全ての元凶の元凶~ 後編 (Daitai Koitsu no Sei ~Subete no Gankyou no Gankyou~ Kouhen) garapan うらいまつ (Uraimatsu). Awalnya aku salah urutan lol untung aja gak keterusan sebelum sadar sama kover belakangnya. Awalnya kukira ini bakal cerita tipikal fanfic dimana Miku tenar dan Meiko terpuruk, tapi ternyata aku salah! Ini justru menceritakan Miku yang masih canggung berhadapan dengan senior-seniornya, Meiko dan Kaito. Kalo Meiko di sini sih, dia hepi-hepi aja tuh sama Kaito, masih disayang sama Master sih… 😛

dsc_0156

Buku ini juga sempat mengambil inspirasi tentang kejadian-kejadian di dunia nyata (?) seperti duet Miku dan Kaito yang bikin Kaito tenar, kegalauan Kaito di masa lalu karena voicebank cowok masih kurang diminati, dan “Apa hubungan Kaito dan Meiko yang sebenarnya?” (oke sepertinya ini masih diperdebatkan; teman kek, saudara kek, pacar kek, tetap saja mereka itu DA BEZT DUO!). Oh, ya. Aku mau tanya. Apa bener awalnya orang-orang cuma tau Kagamine Rin doang yang bakal dirilis, dan belum tau kalo ada Kagamine Len?

Buku ini gak ada cinta segitiganya, ini tentang “kekeluargaan”.

dsc_0155

Ehh yah… ada hint-hint KaiMei tapi gak seberapa kok… 😛

Gambarnya Uraimatsu, yaah untungnya ekspektasiku gak tinggi-tinggi amat. Bagus, kok, ala-ala doujin (istilah apaan nih?). Aku baru sadar kalau Meiko di sini terus-terusan ganti baju, tapi bajunya Kaito dan Miku masih sama terus. Aku lebih suka kalo bajunya Meiko lebih tertutup, minimal pake tanktop.

Endingnya lumayan bagus sih. Sebenernya masih ada doujin Uraimatsu lain yang mungkin ada hubungannya sama kedua buku ini, tapi sayangnya aku gak beli… mungkin kapan-kapan aja.

Jujur aja aku masih belum sepenuhnya paham sama buku ini, gak ada furigana sih… tapi intinya begitu kok!

Intinya, aku cukup menikmati ketiga doujin itu. Untung aja aku gak berharap banyak sama doujin… 😀

Advertisements

One thought on “[Unboxing & Kesan] Some “Not-so-random” Vocaloid Doujin

  1. Pingback: Mari Kita Rabi! | Nectarinia's Mind

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s