Duo Y: Sama tapi Tak Serupa

Dah lama gak mengulas soal pairing, yaah karena emang aku sendiri orang yang jarang ngeship. Tentunya aku masih ingat kalau Naruto dan Hinata (aku lebih suka plesetin nama mereka jadi Nando dan Hanita) pairing kesukaanku sejak SD (sayangnya aku merasa dikhianati sama film ajur berjudul… sebut saja Delas), Minene dan Nishijima pairing greget karena melanggar hukum kriminalitas, dan Shido dan Tohka yang bikin HNNNNNGH (aku gak begitu ngeship mereka sih).

Tau-tau aja, tahun ini ship-ku nambah satu lagi.

Yang ini rada beda sih, soalnya dari visual novel. Iya sih, diadaptasi jadi anime, dan mungkin aku ngeship mereka karena versi animenya, tapi eh, mereka jauh lebih baik di VN!

0278

Kazami Yuuji dan Sakaki Yumiko

Sifat mereka tuh hampir sama. Sama-sama pendiam, sama-sama penyendiri, sama-sama tsundere (sebenarnya sih Yumiko itu kuudere-tsundere), sama-sama booklover, dan sama-sama lainnya. Siapa sangka, aku ngeship couple yang punya banyak kesamaan sifat. Biasanya aku ngeship yang sifatnya beda, yep, apalagi Nando dan Hanita yang sifatnya bueda juauh.

Hubungan mereka, bisa dibilang realistis. Gak tiba-tiba saling jatuh cinta seperti di kebanyakan VN zaman sekarang. Pertemuan awal mereka mungkin bisa membuat kalian benci Yumiko DAN sama sekali gak kepikiran untuk ngeship mereka, tapi tentunya Yumiko punya alasan sendiri kenapa dia begitu ke Yuuji; itu tanda perlindungan diri setelah berkali-kali dikhianati orang-orang di masa lalu. Tapi setelah diyakinkan bahwa Yuuji tidak akan menyakiti dia, hubungan mereka melunak walaupun masih dingin sih (tapi waktu Yuuji panggil dia Yumin itu bezt lol). XD

tavvoeranz

CG ini muncul berkali-kali, tanpa perubahan detil… yaa gitu aja terus sampe Kakashi nikah

Di rute Yumiko sendiri, butuh waktu yang lama untuk terjadi kokuhaku. Hmm, mungkin sekitar 5 jam gameplay rutenya untuk mendapat adegan kokuhaku, walaupun adegan itu gak terlalu berarti dan gak perlu di-CG-kan (?). Tapi selama 4 jam awal, walaupun membosankan karena adegan tawuran yang payah, kita bisa merasakan kalau mulai terjadi perkembangan dalam hubungan mereka. Tertutama ketika membaca monolog Yuuji, apa yang dia rasakan tentang si Cewek Cutter itu. Mungkin hal ini gak begitu penting, tapi menurutku ini penting supaya aku (dan mungkin kalian juga) nggak berpikir, “LHO KOK TAU-TAU SI PROTAGONIS SENENG HEROINE AH CCD NIH GAEM!!11!!”. Kapan terakhir kali aku membaca monolog tentang kuatnya perasaan si protagonis ke heroine… mungkin Tenggelamnya Kapal Van der Wijk… tunggu, itu beda media.

yumiko worried

tangan Yuuji terluka kena tancap pisau, tapi tenang saja! Pemeran utama mau-gak-mau harus menang!

ayam-turki-legend

Pro-tip: selamatkan waifu Anda -yang digondol pesawat- dengan… AYAM KALKUN!

yuuji-quotes

aku suka alasan Yuuji memanggil Yumiko dengan nama depan…

Lalu ceritanya mulai intens ketika Yuuji mengajak Yumiko kabur, nggak, lebih tepatnya “mencari jawaban”. Yuuji ingin membantu Yumiko menyelesaikan masalah Yumiko dengan ayahnya. Akhirnya mereka kabur deh. Dengan ini, rutenya yang awalnya membosankan jadi lebih mendingan. Tentunya monolog Yuuji tetap enak dibaca.

yha-takdir

sebenarnya, alasan mereka kokuhaku cukup aneh, tapi aku yakin mereka saling percaya satu sama lain…

Yuuji itu baik. Baik. Baik banget. Atau bisa dibilang terlalu baik. Terlalu baik. Amat sangat baik. Kenapa? Selama masa minggat itu, bisa dibilang Yuuji mengurus… semuanya? Yumiko jadi merasa nggak enak hati karena dia nggak begitu bisa pekerjaan rumah tangga, dia merasa selama ini menjadi beban untuk Yuuji. Tapi Yuuji tidak merasa Yumiko adalah bebannya… aku jadi berpikir, “YA AMPUN YUUJI BAIK BANGET SIH!? Setelah Yumiko hampir ‘ngancurin’ seisi apartemen!? Kalo aku jadi Yuuji, pasti aku marahin tuh Yumiko!”. (;_;) <- ya, ini gak salah emotikon, aku memang entah kenapa bisa netesin air mata pas bagian itu. Uhh tapi yah… sepertinya masih bisa dimaklumi karena setidaknya Yumiko sudah berusaha, kalaupun aku di posisi Yumiko, pasti aku bakal seperti itu. Begitu juga dengan Yuuji, okelah kalau aku di posisinya Yuuji aku bakal kaget dan marah, tapi mengingat “setidaknya orang yang kucintai sudah berusaha”, aku pasti bakal merasa senang. Aku pikir ini… realistis?

Oh, merry-go-feelz adalah hal terbaik di rutenya. Mungkin bisa dibilang agak aneh, karena mereka masih bisa bersenang-senang di taman bermain walaupun dalam masa pelarian… :/ dan yep itu terkesan MKKB (masa kecil kurang bahagia) IYA EMANG masa lalu mereka kurang bahagia, kok! Tapi itu… adegan ROMANTIS, CUY! Romantis tapi logis! Gak kayak film yang ceritanya dua orang yang renang di danau memori (?), lalu si cowok gendong ceweknya sambil melesat ke langit, lalu kisu sambil mumbul di depan bulan tapi gak jatuh-jatuh EH TUNGGU.

yumiko-choice

pilihan ini muncul setelah merigoraun

yumiko-bad-end

Akhirnya mereka hidup bahagia dengan seorang anak laki-laki IYA AKU SERIUS, INI “BAD” ENDING YUMIKO

Kemudian tentang ending… “bad ending” WAT itu bahkan lebih terlihat seperti “normal ending”, mereka masih bersama, yaah walaupun rada bittersweet (?) sih. Sepertinya penulisnya nggak tega memisahkan mereka lol. XD

Good endingnya tentu jauh lebih baik, akhirnya mereka jadi konfrontasi rame-rame lawan Michiaki, ayahnya Yumiko. Michiaki kalah (yaah walaupun secara antiklimaks sih), akhirnya tobatlah dia (wait wat?).

Kemudian seisi Mihama Gakuen menjalani hidup mereka dengan tenang. Tentunya couple 2D kesukaanku ini masih ichaicha tapi sering digoda teman-temannya. Yah, pada akhirnya, memang Yumiko lebih mementingkan temannya daripada pacarnya. Itu bukan hal yang buruk, sih.

yha-teman-lebih-dari-pacar

romance di Meikyuu kurang kerasa kalo dibandingin sama di Kajitsu, sih…

Beberapa tahun kemudian, GUOOOOOOOOOOOOOOHHHHH DAT ENDING AKU NANGES 😥 pada akhirnya Yuuji, Yumiko, dan Michiaki menemukan kebahagiaan hidup mereka, dan menemukan makna hidup sebagai manusia…

yumiko-end

dan Yuuji tidak berdiri miring di pinggir sungai lagi

Tentunya ending “nikah-trus-punya-anak” itu teramat klise, tapi mengingat apa yang dulu Yumiko alami sebagai “anak yang tidak diharapkan”, making sense lah. Yuma waifu potential.


sambut-murid-baru-dengan

Paralel dari Araragi dan Senjougahara (?)

Kesimpulannya? Ini couple yang punya banyak kesamaan, walaupun begitu konsep “bersama-sama mencari jawaban” bisa ditulis dengan baik. Seru aja sih lihat romance transition antara mereka berdua. Siapa sangka, mereka yang awalnya musuhan (?) akhirnya jadian (yah sebenarnya ini juga sering terjadi di novel-novel Indonesia, tapi biasanya “musuhan” yang dimaksud itu bertengkar melulu”), dan menurutku sih perubahan hubungan mereka gak secara tiba-tiba (bentar, apa sebelumnya aku udah ngetik yang barusan?).

Jadi, apakah Yuuji x Yumiko itu canon di keseluruhan trilogi Grisaia? Sayangnya tidak, karena memang tidak ada rute yang canon. Yaah, mau canon atau tidak, setidaknya mereka canon di rutenya sendiri. XD Katanya sih, yang canon itu ハーレムエンディング di Rakuen, sayangnya aku kurang setuju kalau itu dibilang canon, karena itu mengambil setting “alternatif” dimana Yuuji sudah menyelesaikan masalah SEMUA cewek di Mihama… hah? Kok cara penulisan ceritanya jadi malas gitu sih? Maksudku SERIUSLAH APAKAH YUUJI SEKUAT ITU UNTUK MENYELESAIKAN SEMUA MASALAH DALAM SETAHUN!? Makanya, aku gak merasa itu canon…

Iya aku tau versi anime mencoba menggabung semua rute, tapi hasilnya malah seperempat matang, terutama versi originalnya rute Yumiko… APA YANG MEREKA PERBUAT KE RUTE YUMIKO ITU JAHAD, JUAHADH! AH CCD NIH ADAPTASI! Sayangnya Kio Nachi (penulis rute Yumiko) aja bilang di Twitter kalo dirinya mengizinkan cerita original itu… 😥 ngomong-ngomong, apa ini cuma perasaanku aja, kalo versi animenya banyak momen “original” mereka…? :/ Seperti di episode 7 dan seterusnya dimana Yuuji memanggil Yumiko dengan nama depan? Padahal di rute lain, Yumiko dipanggil Sakaki…

P. S.: Aku juga mau naik merry-go-feelz

Advertisements

3 thoughts on “Duo Y: Sama tapi Tak Serupa

  1. Pingback: Episode “NARUTO-HINATA”, Hype…? | Nectarinia's Mind

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s