[TaPost] Kecil-Kecil Punya Karya

Yah, jadi ini TaPost (Taa’s Post), berarti Taa yang mendominasi post ini.

Waktu aku masih SD, aku masih belum bertemu Titi. Aku senang menghabiskan waktu luangku membaca buku-buku berlabel Kecil-Kecil Punya Karya (disingkat jadi KKPK). Waktu dulu ya adanya cuma novel atau kumpulan cerpen bikinan anak-anak SD.

Warning: post ini mengandung banyak jleb!

image

Buku KKPK yang pertama kali kumiliki adalah “Beautiful Days”, novel karya Nabila Nurkhalisah Harris alias Bella (Dia anak Gola Gong, lho!). Beautiful Days menceritakan anak-anak panti asuhan yang punya konfliknya sendiri-sendiri. Karena konfliknya sendiri-sendiri itulah aku merasa kalau novel ini berkonflik banyak sampai aku bingung, “siapa tokoh yang sebenarnya difokuskan dalam buku ini?”. Terlepas dari itu, lama-lama karya buatan Bella semakin baik dan semakin baik. Aku suka karya-karya buatan Bella. 😀

Waktu itu, desain kovernya warnanya serasi antara bar atas dan gambar kovernya. Aku suka ilustrasi Nur Cililia dan Agus Willy. Aku memperhatikan banget, ya? Hehehe, aku suka memerhatikan nama ilustrator di bagian halaman kedua. 😛 Sayangnya, semuanya berubah sejak 2010. Dayum, apa-apaan perubahan desain kover ini!? Warna merah tua dan hitam!? Pink dan hijau!? Mungkin… aku tidak tahu arti seni rupa sesungguhnya. Mungkin aslinya pink jika dipadu dengan hijau itu serasi, hanya saja aku yang gak ngerti. Setidaknya, Nur Cililia dan Agus Willy masih menjadi ilustrator.
image

Selain itu, di tahun yang sama, ada perkembangan dari KKPK, yaitu… Pink Berry Club! Pink, tahu! PINK! PBC adalah produk yang ditargetkan cewek remaja umur 12 tahun ke atas. Penulisnya juga cewek umur 12 tahun ke atas (13-16 tahun). Ya, dari perempuan untuk perempuan. Kupikir akibat jarangnya penulis KKPK yang laki-laki, maka Dar! Mizan mengembangkan produknya dengan remaja perempuan sebagai targetnya. Itulah sebabnya namanya mengandung “Pink”. Apa kalian lupa Mas Faiz, penulis KKPK yang anaknya Helvi Tiana Rosa? 😡

Seperti yang kalian tahu, semakin bertambah usia, bacaan orang lama-lama akan berganti. Kelas 6 SD, aku sudah makin bosan baca buku-buku KKPK.

Habisnya, sih, ceritanya kalo gak tentang persahabatan, ya, tentang keluarga. “Anak kembar” adalah subtema yang paling sering muncul.

Persahabatan. Tentang geng, lalu ada anak yang mengacaukan geng, blablabla kemudian antagonis tersebut tobat lalu ikut geng tersebut. Hepi ending. Bosan. Tentang anak yang gak punya temen, lalu ada anak yang mau berteman dengannya, lalu blablabla ada antagonis yang berusaha bikin si protagonis dijauhi teman barunya. Kasihan. Bosan. Yah, dengan konflik yang ditambah-tambah. Nama pemerannya aja yang beda.

Aku jadi teringat kalau ketika Nectarinia masih kelas 4, dia sempat nulis-nulis cerita tentang “Pahlawan Komik”. Banyak cerita yang dia bikin tentang kita berlima. Dia pernah menulis cerita tentang aku dan Titi bertengkar karena Fifi berkata yang nggak-nggak tentang Titi, padahal Fifi bohong. Dia iri karena aku dan Titi bersahabat. Lalu blablabla, aku dan Titi bersahabat kembali. Tamat. Dan… NECTARINIA-WAKTU-KELAS-4 ITU BILANG KALAU DIA PENGEN KIRIM CERITA MACAM GINI KE DAR! MIZAN! 😮 Syukurlah kejadian itu gak pernah terwujud. Dia mengurungkan niat. Sejak saat itu, dia menulis-nulis cerita cuma untuk kesenangannya saja.

Sekarang  sudah ada KKPK yang versi komik. Hah, sekarang aku terlalu tua untuk membaca komik anak-anak yang harganya 25 ribuan itu. Sudah gitu, bukunya tipis, lagi. -_- Mending aku baca komik Naruto yang tebal dan harganya belasan ribu. Oh, aku jadi ingat kalau Naruto bakalan tamat. :v

Yah, aku masih berharap semoga ke depannya KKPK lebih baik lagi…

Posted by Nectarinia, from WordPress for Android

One thought on “[TaPost] Kecil-Kecil Punya Karya

Leave a Reply

