Shoujo Manga (Komik Cewek)

Ah… aku sudah lelah baca manga sasaran “Shounen” (cowok), jadi belakangan ini aku mau mencoba membaca manga sasaran “Shoujo” (cewek). Aku kangen sama masa SD-ku, waktu aku masih suka baca Nakayoshi. Waktu SD, aku suka banyak komik cewek. Tapi, aku PALING suka komik Shugo Chara! karena aku suka sama nuansa mejik-mejik di situ. Aku berharap bisa punya telur hati… alasan lain kenapa aku suka tuh komik adalah… gambar matanya tidak terlalu… besar.

amu-amulet-spade-117345618e

Lihat, matanya gak gede-gede amat, kan?

Ahaha, aku jadi teringat waktu bicara tentang shoujo manga bareng ibuku.

Waktu membahas mata yang besar-besar itu, ibuku sempat bilang, “lho, bukannya yang kamu post di blog waktu itu juga komik cewek? Matanya kan gede juga!”

Hah? Oh, maksud ibuku pasti komik The Future Diary alias Mirai Nikki. Waktu itu aku posting kovernya volume 9. Eh, apa “mata yang gede” maksud ibuku itu… matanya si Minene? :/ Matanya mungkin gede, tapi gak segede matanya Kirari dari Kirarin Revolution, kan? Ukuran mata Minene sudah cukup proporsional dalam dunia komik cowok.

Aku langsung kaget, abis itu ketawa. “WUAHAHAHAHA, enggak, bu! Itu komik cowok (atau pria, ya?), bu! WUAHAHAHAHA…!” aku gak bisa bayangin kalo Mirai Nikki volume 9 itu jadi manga cewek. Seingatku, di situ ceritanya ada “Romance”, “Action”, dan berakhir dengan “Tragedy”. Action dan Tragedy adalah genre yang kecowok-cowokan. Ntar kalo jadi manga cewek, isinya Romance aja, dong? Aku gak bisa bayangin kalo ceritanya Minene sama Nishijima jadi kayak komik cewek. Kalo gitu, berarti di volume itu juga mereka udah NIKAH BENERAN. Atau sudah dari volume-volume sebelumnya.

GAK, POKOKNYA GAK BISA! XD Pokoknya gak segampang itu! Walopun kovernya mereka pake baju pengantin, bukan berarti mereka nikah beneran! Hmm, mungkin… sampe ceritanya Nishijima mati, mereka masih… hmm…“tunangan”. Ah, sudahlah. Pokoknya hubungan mereka gak segampang cerita komik cewek kesukaan Murmur. Kautahu, Minene itu teroris, sedangkan Nishijima itu polisi (atau detektif polisi, terserahlah…). Dua insan yang seharusnya saling bermusuhan. Tapi karena suatu alasan (cari tahu saja sendiri), mereka sering bekerjasama, jadi… tuh polisi naksir terorisnya.

Oke, kembali ke shoujo manga.

Selain mata yang besar, yang menonjol dari komik cewek adalah… genre. Genre yang PALING SERING ditampilkan itu ada dua: Mahou Shoujo (mejik-mejik cewek) dan Romance (romanshit).

Kalau genrenya mejik-mejik cewek, biasanya pemeran-pemerannya bisa berubah. Bisa ganti baju. Entah gimana caranya ganti baju, kok bisa background tiba-tiba ganti kayak gitu. Tapi entah kenapa aku suka sama nuansa mejik-mejik gitu. Fantasi abis. Aku anak yang suka fantasi. 😛

Dulu, aku suka nonton Tokyo Mew Mew di channel Space Toon (sekarang NET), selain itu aku suka baca komiknya. Kadang-kadang aku pinjem komiknya temanku, namanya Titha. Aku lebih sering pinjem di perpustakaan umum. Oh iya, isi romance antara Ichigo dan Aoyama gak terlalu menonjol.

tmm

selain itu, HIDUP MAID! 😀

Kalau romance, ah… sudahlah. Ehm… biasanya… klise. Yang PALING SERING, sih, endingnya si cewek protagonis sama si cowok idamannya. Kalau cinta segitiga? Catat ini: si cewek bakal sama si cowok yang kasar-nan-dingin-tapi-baik. Ingat, KASAR-NAN-DINGIN-TAPI-BAIK. Lalu si cowok yang lembut akan dilupakan si cewek itu. Contohnya Kirarin Revolution. Aku pernah copy anime-nya dari temanku, Asti. Dia baru punya 4 episode, begitu juga denganku, tentu. Aku tonton, awalnya si Kirari suka Seiji, dan ada Hiroto yang sukanya kasar ke Kirari. Walau baru nonton sampe 4 episode, aku sudah tahu kalau PASTI si Kirari akan bersama Hiroto. Aku juga pernah pinjam komiknya dari Asti, aku lupa volume berapa. Ceritanya si Seiji pernah pura-pura nembak si Kirari buat mancing kegalauan Hiroto. Aku lupa reaksi Kirari gimana. Ah, aku heran, bagaimana bisa manga seklise itu bisa sampai diadaptasi versi anime, ya? Mungkin karena… populer. Yah, klise dan populer. Tapi, yah, terserahlah. Pendapat tiap orang berbeda-beda. 😛

yah, tahulah sendiri, yang mana yang Seiji, yang mana yang Hiroto... tinggal lihat sorot matanya saja...

yah, tahulah sendiri, yang mana yang Seiji, yang mana yang Hiroto… tinggal lihat sorot matanya saja…

HAMPIR SEMUA shoujo manga itu mengandung unsur romance. Entah itu genre yang menonjol… atau cuma genre sampingan. Aku gak suka yang terlalu menonjol. Beauty Pop. Menurutku, ini lebih menonjolkan cerita salon-salonan daripada kisah cinta Kiri dan Narumi. Aku sangat merekomendasikan komik ini buat kalian yang GAK SUKA romance-yang-terlalu-menonjol. ^_^

 

awalnya aku gak terbiasa sama gambarnya, nanti lama-lama terbiasa. tapi secara isi, ceritanya keren! (>_<)b

awalnya aku gak terbiasa sama gambarnya, nanti lama-lama terbiasa. tapi secara isi, ceritanya keren! (>_<)b

Aku juga sangat merekomendasikan Hai Miiko! alias Kocchimuite! Miiko, ini manga yang paling aku suka dari dulu sampai sekarang. SAMPAI SEKARANG, kautahu. Kenapa? Ini manga yang punya banyak genre selain slice-of-life (kadang-kadang ada fantasy juga,sih…), seperti friendship, family, girl’s talk, bahkan tragedy juga ada. Oh iya, romance juga. yang jelas, semua imbang. Ini PALING aku rekomendasikan. 😉

 

keimutan Miiko juga bikin aku suka nih komik! :D kalau diperhatikan, lama-lama penggambaran Miiko jadi makin bagus!

kalau diperhatikan, lama-lama penggambaran Miiko jadi makin bagus!

Kesimpulannya, aku suka shoujo manga yang tidak terlalu menonjolkan genre romance. Aku juga berharap, semoga para mangaka (komikus) shoujo manga bisa membuat manga-manga buatan mereka lebih bervariasi dalam hal genre. Lagi-lagi aku kebayang-bayang percakapanku dengan ibuku tentang mata besar itu, ah… sudahlah. XD

2 thoughts on “Shoujo Manga (Komik Cewek)

Leave a Reply

